Saat
seseorang ingin membuka suatu usaha atau bisnis, yang sangat diperlukan adalah
menentukan suatu lokasi agar usahanya tersebut dapat berjalan dengan lancar.
Penentuan suatu lokasi itu sangat penting karena lokasi yang baik akan
memberikan keuntungan yang optimal terhadap usaha tersebut.
Lokasi
yang akan ditentukan tidak harus yang ramai tetapi hanya menentukan dengan
keadaan dilingkungan sekitar kita cukup strategis atau tidak lokasi yang akan
kita gunakan sebagai usaha yang akan dijalankan. Berikut ini saya akan
menganalisis lokasi suatu usaha yang ada disekitar lingkungan saya, usaha
tersebut adalah toko GIANT EKSTRA bisa dibilang ya pasar swalayan. Usaha ini
dibilang sangat ramai bahkan mengalahkan pasar swalayan lainnya.
Konsep GIANT
EXTRA
Harga murah kualitas terjangkau
Belanja secara tunai. Menjual berbagai macam perlengkapan rumah tangga
, sembako dll. Dan lokasi ini terdapat di regency pasar kemis dan kebutulan
tempatnya pun cukup strategis karena berada disisi jalan dimana disitu terdapat
banyak perumahan dan jalan raya yang cukup ramai.
ini tampilan parkiran GIANT
ini tampilan dalam
Metode
analisis ini didasarkan metode :
§
Kekuatan
(strengths)
§
Kelemahan
(weaknesses)
§
Kesempatan
(opportunities)
§
Ancaman (threats)
Kekuatan
/ strengths
·
Tempat parkir
sangat luas dan yang pasti parkirnya gratisssssss.
·
Harga yang
diperdagangkan cukup terjangkau bagi masyarakat
·
Menjual berbagai
aneka makanan dan non makanan
·
Tempat ini juga
terdapat foodcurt dengan menu makanan yang bervariasi
·
Terdapat arena
bermain untuk anak anak seperti yang kita kenal timezone tapi kalo digiant
namanya terrazone.
·
Terdapat banyak
banyak ATM agar lebih memudahkan pengunjung untuk mengambil uang sebelum
berbelanja.
Kelemahan
/ weaaknesses
·
Kurangnya
tumbuhan atau pepohonan maka dari itu tempatnya lumayan panas.
Kesempatan
/ opportunities
·
Membuka layanan
delivery bagi pelanggan yang tidak bisa datang langsung ke giant ekstra
tersebut.
Ancaman
/ threats
·
dengan banyaknya
minimarket atau supermarket itu sudah
ancaman bagi perusahaan ini. Karena banyaknya minimarket dan supermarket yang
tersebar luas diberbagai daerah dan kota.
KESIMPULAN
Setelah menganalisis hal diatas maka
perusahaan tersebut harus bisa memaksimalkan hal-hal tersebut yang tercantum
dalam SWOT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar