Minggu, 04 Oktober 2015

ANALISIS LOKASI USAHA GIANT EKSTRA (TUGAS_1SS_PENGANTARBISNIS)

Saat seseorang ingin membuka suatu usaha atau bisnis, yang sangat diperlukan adalah menentukan suatu lokasi agar usahanya tersebut dapat berjalan dengan lancar. Penentuan suatu lokasi itu sangat penting karena lokasi yang baik akan memberikan keuntungan yang optimal terhadap usaha tersebut.
Lokasi yang akan ditentukan tidak harus yang ramai tetapi hanya menentukan dengan keadaan dilingkungan sekitar kita cukup strategis atau tidak lokasi yang akan kita gunakan sebagai usaha yang akan dijalankan. Berikut ini saya akan menganalisis lokasi suatu usaha yang ada disekitar lingkungan saya, usaha tersebut adalah toko GIANT EKSTRA bisa dibilang ya pasar swalayan. Usaha ini dibilang sangat ramai bahkan mengalahkan pasar swalayan lainnya.



Konsep GIANT EXTRA
Harga murah kualitas terjangkau
Belanja secara tunai. Menjual berbagai macam perlengkapan rumah tangga , sembako dll. Dan lokasi ini terdapat di regency pasar kemis dan kebutulan tempatnya pun cukup strategis karena berada disisi jalan dimana disitu terdapat banyak perumahan dan jalan raya yang cukup ramai.


ini tampilan parkiran GIANT



 





                                                                                          












 ini tampilan dalam






                                                                                       






Metode analisis ini didasarkan metode :
§  Kekuatan (strengths)
§  Kelemahan (weaknesses)
§  Kesempatan (opportunities)
§  Ancaman (threats)

Kekuatan / strengths
·         Tempat parkir sangat luas dan yang pasti parkirnya gratisssssss.
·         Harga yang diperdagangkan cukup terjangkau bagi masyarakat
·         Menjual berbagai aneka makanan dan non makanan
·         Tempat ini juga terdapat foodcurt dengan menu makanan yang bervariasi
·         Terdapat arena bermain untuk anak anak seperti yang kita kenal timezone tapi kalo digiant namanya terrazone.
·         Terdapat banyak banyak ATM agar lebih memudahkan pengunjung untuk mengambil uang sebelum berbelanja.

Kelemahan / weaaknesses
·         Kurangnya tumbuhan atau pepohonan maka dari itu tempatnya lumayan panas.

Kesempatan / opportunities
·         Membuka layanan delivery bagi pelanggan yang tidak bisa datang langsung ke giant ekstra tersebut.

Ancaman / threats
·         dengan banyaknya minimarket atau supermarket  itu sudah ancaman bagi perusahaan ini. Karena banyaknya minimarket dan supermarket yang tersebar luas diberbagai daerah dan kota.

KESIMPULAN
  Setelah menganalisis hal diatas maka perusahaan tersebut harus bisa memaksimalkan hal-hal tersebut yang tercantum dalam SWOT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar