1.
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
A.
Pengertian pasar persaingan sempurna
Pasar
persaingan sempurna adalah struktur pasar yang paling ideal, karena dianggap
sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya kegiatan
memproduksi barang atau jasa yang tinggi atau optimal efisiensinya. dimana
jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang
ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa. Contoh barang yang dijual pada
bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.
B.
Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat
dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
·
Semua perusahaan
memproduksi barang/produk yang homogen. Produk yang homogen adalah produk yang
mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui
siapa produsennya.
·
Produsen dan
konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna. Para pelaku ekonomi
(konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan
input yang dijual sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual
yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
·
Output sebuah
perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output
setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan
jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
·
Perusahaan
menerima harga yang ditentukan pasar dengan menjual produknya dengan berpatokan
pada harga yang ditetapkan pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi
harga pasar.
·
Semua perusahaan
bebas masuk dan keluar pasar, hal ini disebabkan oleh adanya faktor
mobilitasnya tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk
memindahkan faktor produksi.
C.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna antara lain :
a. Perusahaan
adalah price taker
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual.
b. Tiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu,produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
c. Menghasilkan
barang homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Sehingga barang-barang ini tidak mudah dibeda-bedakan. Karenanya,pembeli tidak dapat membedakan manakah produksi dari perusahaan A dan manakah produksi dari perusahaan B.
d. Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna mengenai pasar
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
Dalam pasar persaingan sempurna ini dimisalkan bahwa jumlah pembeli adalah sangat banyak. Tapi dimisalkan juga kalau mereka memiliki pengetahuan yang sama mengenai keadaan pasar,yaitu mereka mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahan-perubahan ke atas harga tersebut. Dampaknya,para produsen tidak bisa menjual produknya dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.
D.
Kelebihan pasar persaingan sempurna :
·
Penjual tidak
mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar, karena harga
pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
·
Barang yang
ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan
harga.
·
Informasi
tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan
lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa, karena jumlah saingan sangat tidak
terbatas.
·
Mampu mendorong
efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual yang banyak, maka
produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barnag yang dijualanya.
·
Tidak memerlukan
iklan. Dengan sifat homogen di pasar persaingan sempurna, maka pemasangan iklan
sama sekali tidak dibutuhkan karena jenis barang yang di perjual-belikan sama.
·
Pembeli dan
penjual bebas bertindak. Produsen dan konsumen memiliki kebebasan dalam keluar
masuk pasar. Bagi produsen yang memiliki modal untuk menjual produknya dapat
memasuki pasar. Bagi produsen yang merasa rugi dapat segera keluar dari pasar.
Dan konsumen memiliki kebebasan untuk membeli barang di pasar kapanpun.
·
Harga tidak
ditentukan oleh satu penjual atau oleh satu pembeli. Harga di pasar persaingan
sempurna ditentukan oleh hasil transaksi tawar-menawar di pasar.
E.
Kekurangan pasar persaingan sempurna:
·
Tidak ada dana
untuk penelitian dan pengembangan produk. Dengan laba secukupnya, membuat
produsen kurang melakukan penelitian untuk ber-inovasi.
·
Terbatasnya
kebebasan memilih bagi pembeli. Dengan jenis barang yang dijual hanya satu,
membuat konsumen tidak bisa memilih barang sesuai selera dan tingkat pendapatan
mereka masing-masing.
·
Pekerja menerima
upah atau gaji rendah. Dengan laba secukupnya, produsen tidak bisa memberikan
upah tinggi kepada pekerjanya.
·
Tidak mendorong
inovasi. Di dalam pasar persaingan sempurna teknologi dapat dicontoh dengan
mudah oleh perusahaan lain.
·
Distribusi
pendapatan yang tidak merata/ tidak seimbang
F.
Beberapa industri yang mendekati bentuk pasar
persaingan sempurna:
·
industri tempe.
·
industri tahu.
·
kerupuk putih.
·
dan jasa
fotocopy.
G.
SISTEM HARGA (Pembentukan harga)
Pada pasar persaingan sempurna harga pasar cenderung
stabil. Dengan demikian maka bentuk kurva pada pasar persaingan sempurna
berbentuk garis lurus sejajar mendatar dengan sumbu jumlah barang. Berapapun
jumlah barang yang dibeli atau ditawarkan tidak akan menaikkan atau menurunkan
harga barang. Kurva tersebut merupakan kurva pendapatan rata-rata (AR) dan
pendapatan marginal (MR).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar